You are here: Home » Article » Artikel » Info Digital » Langkah Awal Memulai Bisnis Digital Printing

Langkah Awal Memulai Bisnis Digital Printing

February 25, 2017 | Leave a comment(0) Go to comments

Langkah Awal Memulai Bisnis Digital Printing

Langkah Awal Memulai Bisnis Digital Printing

Saat ini jangan heran apabila banyak orang yang memulai bisnis digital printing. Melihat perkembangan dan kecanggihan teknologi komputer serta percetakan jaman sekarang ini, memungkinkan seseorang dapat berinovasi dan mengembangkan kreatifitasnya dengan desain-desain yang menarik dan unik. Kemudahan menggunakan mesin digital printing membuat orang gencar ingin merintis bisnis di bidang digital printing ini, bisnis yang sangat menjanjikan dan hasilnya sangat mengungtungkan.

Informasi lebih lengkap mengenai KENAPA, APA, dan BAGAIMANA Bisnis Digital Printing ini baca dibawah ini…!!! đŸ˜€

Kenapa seseorang memilih bisnis digital printing ?

Karena bisnis digital printing bisnis yang lebih lekat dengan masyarakat. Dalam artian, setiap hasil dari digital printing, sering kali masyarakat butuhkan. Banyak sekali dijumpai di jalanan sekitar bukan? Seperti ( kartu nama, banner, baliho, sticker, brosur, spanduk, undangan, sovenir dan lain sebagainya) hal ini menandakan bahwa bisnis digital printing adalah bisnis yang memilki prospek dan peluang besar. Tak heran jika banyak sekali peminatnya yang ingin merintis bisnis digital printing juga.

Apa keuntungan menjalankan bisnis digital printing ?

  • Perangkatnya mudah di dapat. Banyak sekali distributor mesin digital canggih di pasaran indonesia dengan menawarkan harga mesin digital yang beragam.
  • Bahan baku digital printing mudah ditemui dan di dapat.
  • Tidak perlu memiliki keahlian khusus, hanya perlu kemauan, tekun serta mampu mengembangkan ide-ide kreatif.
  • Bisnis yang tidak ada matinya, selalu di butuhkan dengan masyarakat.
  • Cukup dengan 1 laptop dan 1 mesin digital. Bisnis sudah bisa berjalan.
Jika diantara Anda ada yang masih belum mengetahui "Apa saja jenis mesin digital printing..??" Anda bisa membacannya di artikel sebelumnya atau KLIK DISINI

Bagaimana langkah awal memulai bisnis digital printing ?

1.Tentukan lokasi bisnis

Pastikan lokasi bisnis anda mudah dijangkau, seperti di lokasi yang berdekatan dengan Universitas, pasar, kantor, perindustrian dan lain sebagainya.

2.Tentukan target pasar

  • Instansi, hampir semua perusahaan, sekolah, ataupun perkantoran memerlukan media dokumentasi, kartu nama, brosur, dll.
  • Perorangan, hampir semua orang dari anak-anak, para pemuda- pemudi dan orang tua dari semua kalangan juga banyak yang mebutuhkannya, seperti ( cetak pin, brosur, topi dan yang lainnya).
  • Wiraswasta, hampir semua pengusaha memerlukan media promosi dari foto, kartu nama, brosur dll.

3.Memilih mesin digital printing

Jangan sampai salah langkah, lakukan kunjungan ke toko mesin digital yang sudah terpercaya dan kosultasikan, mesin digital mana yang cocok dengan bisnis anda. Cariah sesuai dengan budget yag anda milki. Pastikan juga pilih mesin  digital printing yang hemat tinta, namun tetap memiliki kualitas gambar dengan warna tajam, serta memiliki kecepatan tinggi. serta Layanan Supply Spare Part dan Teknisi Support yang siap membantu anda jika ada suatu kendala.

4.Gencar dalam pemasaran

Untuk bisnis digital printing, pemasaran yang sering dilakukan dengan membagikan brosur atau yang lain sebagainya. Selain itu lakukan pemasaran melalui media sosial atau bahkan dari orang ke orang. Sering-sering berikan diskon untuk pemesanan dalam jumlah banyak, atau bonus untuk yang berlangganan.

5.Siap bersaing dengan kompetitor

Sudah bukan hal baru lagi, setiap bisnis pasti ada persaingan. Tinggal bagaimana anda bisa mengembangkan dan berinovasi agar memiliki sisi berbeda dengan pesaing lainnya. Tidak masalah bisnis nya sama, namun tetap tonjolkan ciri khas bisnis anda, misalnya harga lebih murah dari toko sebelah atau yang lain sebagainya. Buat konsumen tertarik untuk order di toko anda.

Poin penting dalam memilih mesin digital printing untuk usaha digital printing anda !!!

  1. Pelajarilah saingan atau kompetitor di sekeliling anda baik kelebihan maupun kekurangan dari segi hasil cetak maupun servis yang diberikan.
  2. Pastikan target market yang anda inginkan apakah anda ingin memberikan pelayanan kepada perusahan besar atau retail atau pemerintahan atau calon pilkada. Cari tahu apakah yang mereka inginkan.
  3. Pastikan Distributor yang anda pilih memiliki:
    • Layanan purna jual yang baik
    • Ketersedian spare part karena pada saat mesin mengalami masalah anda tidak perlu menunggu terlalu lama
    • Distributor tersebut adalah Distributor resmi / Agen Tunggal Pemegang Merk / Agen Resmi sehingga anda tidak perlu kuatir dengan kemampuan dan dukungan jangka panjang terhadap usaha anda.
    • Didukung oleh Pabrik Mesin yang ternama dan mempunyai komitmen.

Contoh media yang bisa dilakukan pada bisnis digital printing ?

  1. Media Flexi – baik Frontlite maupun Backlite untuk beragam kebutuhan seperti pembuatan Baliho, Billboard, Banner, Giant Banner, Spanduk, Umbul – umbul, Shop blind, …
  2. Media Stiker – tersedia gloss maupun matte / doff. Umumnya digunakan untuk iklan mobil / Car Signage / Branding mobil / Branding Bus, ada juga yang di tempel di dinding dengan menggunakan triplek melamin.
  3. Media ONE WAY VISION – di tempelkan layaknya stiker tapi di bagian kaca, bisa untuk kaca mobil / kaca bus / kaca kantor / kaca gedung. dengan media One Way Vision anda dapat melihat keluar tidak seperti media stiker yang menghalangi pandangan anda.
  4. Media WALLPAPER – merupakan salah satu media baru yang memberikan keleluasaan bagi anda mendekor ruangan sesuai dengan tema yang anda kehendaki
  5. MESH – mirip dengan bahan Flexi hanya saja bahannya berlubang, umumnya digunakan untuk iklan yang di tempel di permukaan gedung tinggi tanpa menggunakan konstruksi seperti billboard. lubang-lubangnya berguna agar angin dapat lewat dan tidak merusak media tersebut.
  6. PVC BANNER – merupakan varian baru dalam aplikasi di banner agar media selalu tampak rapi dan tidak melengkung
  7. BACKLITE FILM – untuk aplikasi Neonbox di dalam ruangan yang tanpa serat media
  8. PHOTO PAPER – untuk mencetak foto.
  9. PP PAPER – dahulu banyak di pakai di banner. namun sejak adanya PVC Banner orang mulai jarang menggunakan PP Paper / banyak yang menyebut Albatros.

Tips sukses dengan bisnis digital ?

Selalu berikan pelayanan yang terbaik kepada setiap kosumen. Selalu ramah, sopan dan juga proses pengerjaan pesanan dilakukan dengan tepat waktu. Berikan harga yang lebih murah dari pesaing lain, namun kualitas tetap harus baik.

Itulah langkah awal memulai bisnis digital printing. Mudah-mudahan bermanfaat dan sukses menekuni bisnis digital printing di daerah masing-masing. Terimakasih ☺

Save

Save

Share This Post!

    Leave a Comment


    NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>