You are here: Home » Artikel » Mesin Laminating » Peluang usaha » Produk barang » Bingung Memilih Mesin LAMINATING PANAS atau DINGIN ??

Bingung Memilih Mesin LAMINATING PANAS atau DINGIN ??

April 8, 2017 | Leave a comment(0) Go to comments

Bingung Memilih Mesin LAMINATING PANAS atau DINGIN ??

Jual Mesin Laminasi Murah | Harga Mesin Laminating Panas Murah

Bingung Memilih Mesin LAMINATING PANAS atau DINGIN

Anda seorang pebisnis digital…?
Atau seorang karyawan perkantoran…?
Atau baru akan memulai usaha digital…?

Lagi bingung memilih mesin laminating yang pas dengan kebutuhan anda? Simak artikel selengkapnya di bawah ini…!!! 😀

Sering kali di jumpai seseorang yang bingung dengan pilihan. Hidup pada dasarnya memang untuk memilih. Memilih yang ini atau yang itu. Agar tidak salah dan masuk dalam lubang hitam, kami akan memberi panduan, untuk membantu memilih mesin laminating agar anda tidak terjebak dari perangkap yang salah heHEhe… 😀 😀

Mesin laminating atau laminasi yang kita ketahui sebagai mesin yang digunakan untuk melaminasi atau melindungi kertas atau laminasi berkas berkas penting seperti ktp, kk, piagam, ijasah, maupun untuk membuat undangan, id card dan sebagainya, guna terhindar dari debu atau benda cair yang dapat merusak berkas – berkas tersebut. Mesin laminating dikenal memiliki dua metode dalam proses pengerjaan yaitu metode panas dan metode dingin.

  1. Mesin Laminating Panas
    Dari namanya anda pasti juga sudah tahu, mesin laminating panas adalah mesin yang memiliki daya panas untuk membantu proses laminasi supaya bahan plastik bisa menempel dengan sempurna. Untuk menempelkan plastik pada media yang akan dilaminasi mesin laminating panas menggunakan metode laminasi thermal dalam prosesnya.

    Ada 2 metode pada proses ini yaitu dengan menggunakan plastik yang sudah mengandung lem atau dengan plastik yang belum mengandung lem/ perekat.Penggunaan jenis plastik harus didasarkan pada kecocokan dengan media yang akan dilaminasi. Yang paling umum digunakan di dunia percetakan adalah jenis plastik doft dan glossy berbahan polypropylene, karena paling murah dan banyak tersedia di pasaran. Kedua jenis plastik tersebut mengandung lem/ perekat.

    Jika menggunakan plastik yang mengandung lem, proses penempelan dilakukan pada suhu 90oC – 120oC (tergantung jenis plastik yang digunakan) untuk melelehkan bagian lem kering plastik laminating agar lengket ke media. Penyetelan suhu pada mesin laminasi dianjurkan tidak lebih dari 120oC karena jika lebih dapat menyebabkan masa pakai rol karet silicon menjadi lebih pendek. Mesin laminasi panas cocok untuk bisnis percetakan yang melayani dalam melaminasi Undangan, ID Card, KTP, SIM dan semacamnya.

  2. Mesin Laminating Dingin
    Berbeda dengan mesin laminating dingin. Sesuai dengan namanya, proses yang dilakukan untuk melaminasi, tidak menggunakan suhu panas tapi dengan proses laminasi dingin, dapat digunakan pada media yang rentan akan suhu panas seperti hasil cetak photo, poster dll.

    Untuk laminating dingin bahan yang digunakan yaitu adhesive yang dicampur bahan pelarut atau air. Adhesive ini dicoatingkan ke permukaan plastik kemudian dilapiskan ke media. Dari segi biaya metode wet ini lebih murah dibandingkan dengan metode thermal. Meskipun begitu metode ini termasuk tidak ramah lingkungan karena terjadi penguapan dari bahan pelarut saat pengeringan adhesive.

    Dari segi kualitas hasil laminating dengan menggunakan mesin laminating dingin agak kalah bila dibandingkan dengan mesin laminating panas. Karena mesin yang dilengkapi pemanas akan mengepress plastik dengan sangat kuat sehingga dapat menempel dengan sangat erat dengan media yang dilaminating. Meskipun begitu mesin laminating dingin biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mesin laminating yang menggunakan pemanas.

Mesin laminating panas dan dingin dijual terpisah yang artinya satu mesin untuk satu suhu panas atau dingin. Namun, seiring berkembangnya zaman, suhu panas dan dingin bisa di kemas dalam satu mesin. Yaitu mesin yang temperature nya bisa di setting untuk panas atau dingin. Namun tidak semua mesin laminating dapat di atur temperature panas dan dinginnya. Untuk dapat menyesuaikan kebutuhan anda, gunakan mesin laminating yang sesuai dengan keperluan dan kegunaan. Bukan hanya untuk usaha digital saja, namun juga dapat digunakan sebagai perlengkapan dan perlatan perkantoran untuk melindungi berkas – berkas penting agar terhindar dari kerusakan oleh air maupun debu.

Bagaimana, sudah menemukan Mesin Laminating yang pas dan sesuai pada kebutuhan anda? Semoga Bermanfaat ☺

Share This Post!

    Leave a Comment


    NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>